Tips Menjaga dan Merawat Tas Kulit Asli

posted in: Uncategorized | 0
membersihkan dan merawat tas kulit
membersihkan dan merawat tas kulit

Bila anda memiliki tas branded dari bahan kulit asli, tentu anda membelinya dengan harga yang mahal bukan? Nah, anda tidak mau tas kulit kesayangan itu menjadi cepat usang, warnanya pudar, dan bentuknya berubah bentuk bukan? Apa yang harus anda lakukan untuk merawatnya?

Dengan menjaga dan merawat tas kulit yang benar, maka keindahan dan kecantikan tas kulit anda dapat bertahan lama. Sebelum anda melakukan beberapa tips untuk menjaga dan merawat tas kulit asli di bawah ini, pertama anda harus melihat kondisi awal tas anda. Tas yang masih baru beda perawatannya dengan tas yang sudah lama. Demikian juga dengan kelenturan dan bahan kulit tas anda, perlu perhatian khusus.

Nah sudah tidak sabar lagi untuk mengaplikasikan tips merawat dan menjaga tas anda? Simak ulasan berikut ya.

 

Hindari Minyak dan Air

 

Mengapa anda harus menjaga tas kulit anda dari kecipratan minyak dan tumpahan air? Hal ini ternyata karena sifat minyak dan air yang dapat merusak tas kulit anda secara langsung dan tidak langsung. Tapi tentu saja anda tidak dapat menjaga 100% tas anda tidak terkena air.. katakanlah air hujan. Nah bila sudah terlanjur terkena air hujan, segera angin-anginkan atau jemur tas anda. Tapi jangan jemur langsung di bawah terik matahari lho. Karena sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat merusak kulit tas anda.

 

Jaga Kelembapan Tas

 

Tips kedua yang sama pentingnya dalam merawat tas anda ialah dengan menjaga kelembapan tas. Sama seperti kulit manusia, kalau terlalu kering juga tidak baik. Jadi harus tetap dijaga kelembapannya.. tidak terlalu kering.. tidak terlalu lembap. Menghindari sinar matahari langsung dapat menjaga tas anda dari kekeringan. Menyimpan tas dengan meletakkan silika gel di dalamnya, dapat menyerap kelembapan yang berlebihan. Dengan demikian tas anda dapat lebih awet dan tahan lama. Nah anda juga dapat sesekali memberika moizturizer untuk bahan kulit yang dapat anda beli di butik atau toko khusus tas. Bila tidak ada, anda dapat menggunakan hand body lotion.. ya.. hand body lotion yang anda pakai setiap hari dapat melembutkan dan menjaga kelembapan tas anda.

 

Bersihkan Kotoran Dengan Alkohol atau Baking Soda

 

Bila tas kulit anda terkena debu, kotoran, atau noda yang menempel, anda dapat membersihkannya dengan menggunakan alkohol ataupun baking soda. Cara membersihkannya juga cukup mudah, yaitu dengan cara mengoleskan ke tas kulit secara perlahan dan merata. Oles perlahan lahan, dan bila perlu memberi penekanan pada tempat yang noda nya banyak. Perlu diingat jangan menggunakan bahan pembersih yang berasal dari minyak bumi, silicon, dan juga minyak lainnya. Hal ini karena bahan dasar  minyak dapat mengurangi kualitas dari tas kulit itu sendiri. Warna tas anda dapat luntur ataupun kelihata kusam.

 

Gunakan Kain Halus atau Sikat Halus Saat Membersihkannya

 

Saat anda membersihkan tas kulit kesayangan, jangan gunakan kain atau sikat sembarangan. Sebaiknya pilihlah kain dengan tekstur yang lembut. Permukaan kain lembut biasanya seperti kain microfiber, apa kain microfiber? Kain microfiber adalah kain yang biasanya digunakan untuk membersihkan kaca mata. Kain tersebut memang memiliki permukaan yang halus, dan dapat digunakan untuk membersihkan tas kulit Anda. Selain itu jangan memakai kain yang warna nya luntur, alih-alih tas anda menjadi bersih, malah warna dari kain menempel ke tas anda. Sikat halus misalnya sikat gigi dapat dipakai untuk membersihkan noda atau kotoran yang membandel.

 

Hindarkan Lipatan dan Tumpukan Pada Tas Anda

 

Tips yang satu ini mungkin anda belum pernah mendengarnya. Secara sadar atau tidak sadar anda sering menumpuk tas di atas tas lain ataupun di bawah benda lain, misalnya notebook, tablet, kotak sepatu, ataupun benda lain. Hindarkan menumpuk barang di atas tas anda. Tumpukan dan lipatan yang dihasilkan dapat merusak tas dengan merubah bentuk dari tas tersebut.

 

Nah bagaimana aman yang aman meyimpan tas anda? Cara yang paling dianjurkan adalah dengan menggantungnya di dalam kain. Bungkus tas kulit Anda dengan menggunakan kain dan juga silica gel. Penggunaan kain dimaksudkan untuk menghindari debu, sedangkan untuk silica gel untuk menjaga kelembaban tas kulit.

 

Demikianlah tips cara ideal cara merawat  dan menjaga tas kulit asli yang dapat Anda jadikan referensi.